BLANTERTOKOv132

Jual Benih Padi Basmati Baroma Premium Unggulan

  • Benih Padi Basmati
  • Benih Padi Basmati

Benih Padi Basmati

Rp. 80.000
  • 1 kg
  • 5 kg
  • Pusa basmati
  • Baroma

Tambah Ke Keranjang Beli Sekarang

Basmati menjadi salah satu beras premium paling banyak diburu di dunia. Tapi karena hanya tumbuh baik di India Pakistan, maka beras ini menjadi sangat mahal harganya. Padi ini pun sangat sulit beradaptasi di Indonesia, tapi dengan pengembangan dan penyilangan dengan galur lokal, akhirnya berhasil beradaptasi dengan cukup baik di Indonesia.

Salah satu keunggulan dari padi ini adalah beras yang lebih panjang, rasa yang jauh lebih enak, dan cita rasa khas luar biasa yang hanya tercipta dengan paduan bumbu khusus khas timur tengah.

Beras basmati walau harganya selangit alias 10 kali lebih mahal dibandingkan beras konsumsi pada umumnya, tapi benar-benar menarik minat perhatian pecinta masakan seperti nasi biryani.

Benih Padi Basmati

Karena kebutuhan impor akan beras yang semakin tahun semakin berkembang di negara kita, maka Kementan RI berupaya semaksimal mungkin untuk mengembangkan padi ini agar bisa ditanam di kondisi aeral lahan Indonesia.

Namun tentunya karena ini jenis padi endemik asal timur tengah saat di tanam di Indonesia hasilnya tidak bagus. Diantara gagal tumbuh, saat tumbuh mati, dan saat telah berhasil berbuah, bulir gabahnya normal seperti padi disini dan rasanya pun berubah.

Sebenarnya, Kementrian Pertanian melalui Pusat Balai Besar Penelitian Tanaman Padi sendiri telah mengembangkan padi ini lama, tapi hasilnya belum maksimal hingga sampai saat ini. Karena adaptasinya di kondisi lahan dan suhu yang sangat rendah.

Usaha Mendapatkan Padi Basmati

Balai besar pertanian sampai saat ini terus berusaha menyilangkan jenis padi ini dengan padi galur lokal terbaik. Bahkan dalam mendapatkan benih yang benar-benar bisa beradaptasi dilakukan hingga seleksi 9 generasi. Maka dari itu, demi pengembangan padi ini telah menghabiskan waktu hingga 40 tahun lebih.

Tentu ini bukan perkara yang mudah demi mendapatkan padi yang super mahal dan super enak dan bisa dibawa sifat aslinya untuk di tanam di Indonesia ini. Varietas persilangan ini dinamakan sebagai Indica dan terus dikembangkan sampai saat ini.

Mungkin beras basmati jika dari segi rasa, aroma dan tekstur bisa diibartkan sebagai campuran padi IR64, Rojolele, Pandan wangi, dan Padi Adan yang bercampur dalam 1 jenis.

Sampai butuh waktu puluhan tahun belum ada varietas padi unggul yang secara resmi dilepas oleh pemerintah dari keturunan Basmati India Pakistan kecuali Padi Gati. Yakni padi jenis gogo yang ditanam di ladang minim air yang ada sedikit sifat dari basmati.

Untuk sekarang ini , sudah ada beberapa varietas dan galur benih padi unggul yang berasal dari tetua basmati. Diantaranya adalah Pusa Basmati, Basmati 370, Basmati 5, padi baroma (beras aromatik) dan lainnya.

Jual Benih Padi Basmati

Jadi sampai saat ini benih padi basmati yang di jual dipasaran memang belum sesempurna dan murni seperti halnya basmati pada aslinya. Karena tanaman ini telah disilangkan dan dikembangkan dengan galur lokal terbaik untuk beradaptasi di iklim Indonesia.

Tapi beberapa jenis seperti bibit padi basmati baroma juga hasilnya lebih unggul, produktivitas tinggi dan umur lebih rendah alias genjah. Untuk harga jual beras basmati lokal tentunya tidak bisa menyaingi jenis basmati premium asal Pakistan dan India sana. Tapi setidaknya lebih banyak orang yang bisa merasakan nasi basmati.

Detail Pemesanan

Jual Benih Padi Basmati Baroma Premium Unggulan
Jual Benih Padi Basmati Baroma Premium Unggulan
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya