BLANTERTOKOv132

Daftar Jenis Padi Umur Pendek Unggulan Tahan Hama Penyakit

Daftar Jenis Padi Umur Pendek Unggulan Tahan Hama Penyakit

Benih Padi Unggul Umur Pendek


Dimusim tanam kedua seperti ini tentunya menjadi masalah tersendiri bagi para petani yang memiliki sawah ditempat kurang air atau yang hanya mengandalkan tadah hujan tanpa air irigasi yang baik.

Maka dari itu banyak yang lebih memilih menanam jenis padi yang lebih pendek umurnya agar tidak mengalami kekeringan bahkan sampai gagal panen.

Untuk itu, dikesempatan kali ini, kami ingin memberikan beberapa informasi mengenai berbagai varietas dan jenis padi yang berumur pendek.

Padi Umur Pendek untuk Musim Kemarau

Berikut kami Tokofora sudah merangkum dan mengurutkan serta mengelompokan berbagai daftar padi dari mulai inbrida, hibrida serta galur lalu mengurutkan dari yang berumur terpendek. Silakan simak baik-baik.

A. Varietas Inbrida Unggul

Padi dibawah ini merupakan beberapa padi inbrida dari keluaran lama hingga keluaran terbaru. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  • Inpari Sidenuk (86 hst)

Padi yang dikenal sebagai padi nuklir buatan Batan ini memang sudah menjadi perhatian banyak petani diseluruh penjuru, terutama di wilayah Jawa. Padi yang mampu menghasilkan 7 ton / ha ini memiliki usia yang cere bahkan  termasuk padi umur paling pendek, yakni 86 hst sudah bisa dipanen.

  • Cakrabuana Agritan (87 hst)

Padi ini merupakan padi baru, karena baru saja diluncurkan tahun 2018 lalu. Pottensi hasil hingga 10,2 ton / ha dengan rata-rata hasil 7,5 ton / ha tentunya menjadi salah satu keunggulan padi yang berumur 87 hst ini.

  • Padjadjaran Agritan (88 hst)

Bisa dikatakan padi ini merupakan padi unggul baru yang begitu banyak hasilnya. Karena dalam satu hektarnya bisa dipanen dengan  potensi hasil panen sekitar 11 ton / ha dengan rata-rata 7,8 ton /ha. Umurnya pun lumayan pendek yakni 88 hst.

  • M400 (90 hst)

Sejak tahun 2018, m400 bisa dibilang padi unggul favorit petani. Di beberapa daerah di Jawa hingga ke Papua sudah banyak yang mencoba padi ini. Walau dibeberapa daerah hasilnya berbeda-beda tergantung dengan kondisi tanah dan iklim, tapi padi yang dapat dipanen usia 90 hst ini rata-rata mampu menghasilkan 8 ton / ha.

  • Inpari 42 GSR (95 hst)

Padi ini sempat viral dan diunggulkan diberbagai daerah. Terlebih para petani pun mendapatkan bantuan dari pemerintah secara cuma-cuma untuk padi ini tanpa perlu membayar sepeserpun. Walau hasilnya lumayan yakni potensi hasil diatas 10 ton / ha padi inpari umur pendek ini tidak disukai pengepul padi karena rendemen yang kurang.

B. Varietas Hibrida Unggul

Padi hibrida memang terkenal begitu unggul. Namun yang menjadi masalah harganya yang begitu mahal sehingga para petani tidak kuat membelinya. Berikut ini beberapa benih padi hibrida umur pendek:

  • Sembada 989 (93 hst)

Bibit padi sembada 989 sudah dapat dicabut diusia 2 minggu untuk dipindahkan ke lahan. Masa panennya pun sangatlah pendek yakni 93 hst. Potensi hasil panen yang dihasilkan padi ini bisa dibilang sangat memuaskan, yakni diatas 12 ton / ha.

  • SL8SHS (95 hst)

Walau beberapa petani lebih memilih jenis padi hibrida lain dibandingkan ini, sebenarnya sl-8-shs ini juga tak kalah unggul. Potensi yang dihasilkan hingga hampir 12 ton / ha dengan masa usia panen yakni 95 hst. Padi ini lebih cocok ditanam menggunakan sistem SRI.

  • Hipa 18 (96 hst)

Walau jarang yang menanamnya karena memang sulit ditemui dipasaran, padi ini sebenarnya juga unggul dalam  hal hasil panen yakni sekitar 10 ton / ha. Usia panen yang cukup pendek hanya 96 hst menjadikan padi ini cukup bagus ditanam dimusim kedua.

  • Mapan P-05 (96 hst)

Bisa dibilang padi mapan 05 menjadi rajanya padi hibrida saat ini. Hasil yang didapatkan juga begitu bagus, anakan lumayan banyak, perawatan mudah, beras enak, tahan hama, dan umurnya tergolong cere yakni 96 hst. Padi ini menjadi yang paling laris ditanam dari golongan padi  hibrida. Tapi harganya juga sangat mahal saat ini karena semakin langka.

  • Arize H6444Gold (98 hst)

Arize Gold memang unggul dalam beberapa hal, seperti rasa dan tekstur nasi yang diatas rata-rata, malai panjang, tahan rebah, tahan kering, dan tentunya umur pendek hanya 98 hst. Hasil yang didapatkan pun tidak main-main, yakni diatas 8 ton / ha dengan potensi hasil 12 ton / ha.

C. Galur Lokal

Berikut beberapa padi galur lokal dengan usia yang begitu pendek yang sangat cocok ditanam di musim tanam kedua yang lebih kurang air.

  • Sertani 13A (95 hst)

Seperti yang dikatakan Surono Danu penemu padi sertani galur lokal Lampung, bahwa padi sertani 13 merupakan padi terbaik yang ditemukan olehnya hingga saat ini. Dengan hasil paling unggul diatas 10 ton/ha, padi sertani 13 A menjadi pilihan banyak orang. Namun padi ini masih belum terdaftar di pemerintah, jadi belum bisa beredar untuk kalangan luas.

  • Sertani 13C (75 hst)

Padi ini merupakan pengembangan dari padi sertani 13, namun bisa dibilang paling unggul dalam hal umur. Walau tidak sebagus padi sertani 13A hasilnya, namun masa panen yang hanya 75 hst menjadi kelebihan tersendiri bagi padi ini.

  • Trisakti (75 hst)

Beberapa daerah terutama Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah banyak yang menanam jenis padi ini. Malai yang panjang, lumayan tahan kering, berasnya yang pulen dan enak, umur hanya 75 hst dan hasilnya yang lumayan bagus tentunya memanjakan petani.

  • Najua (80 hst)

Padi najua atau nazwa merupakan galur lokal yang hampir menyamai trisakti dalam hal masa panen yakni hanya 80 hst saja. Dari sisi potensi hasil sebenarnya kurang lebih sama dengan trisakti. Namun padi ini kurang populer di mata para petani. Padi ini lebih baik ditanam di musim tanam pertama atau musim hujan.

  • Satria 05 (85 hst)

Satria 05 sempat viral dan menjadi galur lokal yang banyak sekali ditanam para petani baik Jawa maupun luar Jawa. Padi galur umur pendek ini sangat cocok sekali ditanam di musim tanam kedua atau musim kemarau karena lumayan tahan kekeringan. Padi ini memiliki potensi hasil hingga 11  ton / ha.

Itulah beberapa jenis padi umur pendek dari berbagai klasifikasi. Silakan anda bisa menanam sesuka hati anda. Jika bingung mau menanam jenis padi seperti apa, jangan sungkan untuk menghubungi kami saja. Konsultasikanlah kepada kami kapanpun.

Detail Pemesanan

Daftar Jenis Padi Umur Pendek Unggulan Tahan Hama Penyakit
Daftar Jenis Padi Umur Pendek Unggulan Tahan Hama Penyakit
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya