BLANTERTOKOv132

Daftar Benih Padi Unggul Terbaik Hasil Melimpah Ruah

Daftar Benih Padi Unggul Terbaik Hasil Melimpah Ruah

benih padi unggul


Siapa sih yang tak ingin memiliki hasil melimpah dari hasil panen padi unggul. Siapapun petaninya pasti menginginkan demikian mulai dari yang memiliki lahan sempit maupun luas.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadikan padi kita memiliki hasil yang unggul dan melimpah ruah. Diantaranya ialah meliputi: pemilihan benih padi, pemupukan dan pengendalian hama penyakit.

Dengan 3 kunci di atas, asalkan dijalankan dengan tepat, hasilnya pasti melimpah ruah. Namun yang tak kalah penting disiniialah pemilihan jenis padi. Karena secara genetik berbeda, hasilnya pun ikut berbeda.

Jadi tidak mungkin padi menghasilkan lebih dari maksimum produksi tanaman itu sendiri. Sama halnya tidak mungkin mobil sedan mengalahkan mobil balap. Karena masing-masing punya kapasitas masing-masing.

Benih Padi Unggul Terbaik 2021

Berikut ini kami urutkan daftar jenis padi unggul terbaru tahun 2019 yang kami urutkan berdasarkan potensi hasil yang didapatkan dari data resmi Balitbangtan RI khusus untuk padi sawah, bukan padi gogo, padi pigmen, ataupun padi aromatik. Berikut daftar varietas padi unggul produksi tinggi yang bisa anda coba tanam:

1. Padjadjaran Agritan

Padi padjadjaran ialah varietas keluaran 2018 hasil persilangan Inpari 5 dengan IR66. Padi satu ini menjadi jenis padi yang paling banyak hasilnya. Keunggulannya tahan rebah, memiliki rasa pulen dan potensi hasil sangat bagus, yakni mencapai bobot 11 ton / ha.

2. Mustajab Agritan

Padi mustajab merupakan salah satu jenis bibit padi unggul 2019 yang didapatkan dari hasil proses pengembangan menggunakan nuklir. Padi ini memiliki potensi hasil hingga 10,8 ton / ha. Padi ini merupakan berasal dari padi lokal jember yang dikembangkan Batan menjadi padi unggul.

3. Padi Siliwangi Agritan

Varietas keluaran tahun 2018 ini termasuk padi cere atau jenis padi umur pendek. karena bisa dipanen diusia 93 hst. Padi siliwangi ini selain memiliki potensi unggul  yakni 10,7 ton / ha juga memiliki keunggulan yakni memiliki ketahanan terhadap wereng. Apalagi sekarang wereng sangat mematikan dan merajalela.

4. Inpari 42 Agritan GSR

Varietas inbrida keluaran tahun 2016 ini benar-benar disukai para petani. Pasalnya selain rasanya yang enak dan pulen luar biasa, kerontokannya pun mudah sekali. Terlebih potensi hasilnya mencapai 10,5 ton / ha. Namun padi ini memiliki rendemen yang rendah sehingga kurang disukai tengkulak.

5. Cakrabuana Agritan

Cakrabuana merupakan salah satu padi nuklir karena dihasilkan dari pemuliaan padi inpari 13 dengan proses iradiasi sinar gamma Co60 dengan dosis 0,1 kGy. Padi ini memiliki warna beras coklat muda, tidak putih bening. Potensi yang dihasilkan ialah 10,2 ton / ha dengan rata-rata hasil sebanyak 7,5 ton / ha.

6. Padi Inpari 32

Padi inpari 33 merupakan salah satu benih padi unggulan tahun ini yang memiliki potensi hasil hingga 9,6 ton / ha. Rasa nasi juga pulen serta enak karena berasal dari keturunan yang terbukti enak.

7. Padi Mapan P-05

Jika anda menginginkan padi hibrida unggulan berkualitas, maka mapan 05 lah solusi yang terbaik. Di berbagai daerah luar jawa seperti Kalimantan dan Sumatra sudah banyak yang beralih ke padi hibrida ini. Keunggulan utamanya adalah bobot tiap gabah yang tinggi dengan potensi hasil 9,5 ton / ha.

8. Padi Inpari 45 Dirgahayu

Karena telah mencapai urutan ke 45, maka dinamakanlah padi inpari 45 Dirgahayu sebagai nama bibit padi unggul terbaru. Padi hasil dari persilangan Cibogo dengan Ciherang yang diluncurkan tahun 2019 ini memiliki potensi hasil 9,5 ton / ha. Padi ini bahkan cocok ditanam di ketinggian 0 hingga 600 mdpl.

9. Padi Varietas Mantap

Padi mantap merupakan padi terbaru yang berasal dari persilangan Bio 12 dengan RHS412-1CX-20X-02H . Varietas mantap menjadi benih padi paling unggul untuk musim hujan. Potensi hasil hingga 9,1 ton / ha dengan rata-rata hasil 7,2 ton / ha. Padi mantap juga tahan wereng sertah hawar daun bakteri.

10. Padi M400

Produk dari m-tani ini benar-benar layak diacungi jempol. Dengan hasil hingga 400 bulir / malai menjadikan jenis padi ini bisa memiliki potensi hasil hingga 9 ton / ha. Selain usianya pendek yakni 90 an hst, menjadikan sebagai bibit padi unggul cepat panen.

Padi Unggul untuk Musim Hujan

Musim hujan menjadi berkah bagi semua orang, terlebih bagi para petani. Misalnya petani padi yang hanya bisa menanam dilahan cukup air. Maka musim hujan menjadi hal yang dinanti-nantikan olehnya.

Beberapa padi varietas terbaru memang sudah dibuat dengan mempertimbangkan ketahanan terhadap musim kemarau. Walau bukan padi rawa atau padi gogo, jenis padi sawah saat ini memang sudah diadaptasikan dengan baik pada lahan yang kurang air.

Namun walau begitu, hasil yang didapatkan tentunya akan mengalami penurunan hingga 30% atau bahkan lebih dibandingkan dengan kondisi yang tercukupi air.

Berikut kami sajikan informasi mengenai beberapa jenis padi unggul yang sangat baik untuk ditanam dimusim hujan baik untuk sawah tadah hujan maupun sawah irigasi. Silakan simak pembahasannya.

1. Padi Mapan 05

Sudah tidak dipungkiri lagi, bahwa padi mapan 05 menjadi salah satu padi paling laris untuk kategori hibrida. Hal ini didasari karena padi mapan 05 memiliki produktivitas yang sangat bagus, terlebih di musim hujan seperti sekarang ini, potensi hasilnya bisa mencapai angka diatas 11 ton / ha. Harga jual berasnya pun lumayan mahal karena nasi sangat enak dan teksturnya pulen.

2. Padi Inpari 42

Inpari 42 menjadi salah satu padi inbrida unggulan bagi beberapa daerah. Walau seringkali hasil padinya tidak disukai pengepul atau tengkulak karena berasnya kecil dan rendemen kurang bagus, tapi sebenarnya rasa padinya enak dan pulen. Potensi hasilnya pun lumayan, bisa diatas 9 ton / ha.

3. Padi Japonica

Bisa dikatakan bahwa padi jepang atau padi japonica ini menjadi salah satu padi paling pulen didunia. Tingkat kepulenannya paling tinggi dibandingkan dengan nasi dari padi lain. Maka dari itulah padi ini menjadi padi premium yang memiliki harga jual diatas padi pada umumnya.

4. Padi IF-8 dan IF-16

Di Aceh, padi IF-8 dan IF-16 menjadi salah satu padi yang sangat digemari. Selain hasilnya sangatlah memuaskan, padi ini pun memiliki perawatan yang sangat mudah karena minim serangan hama penyakit. Namun karena padi ini belum resmi keluar alias masih belum menjadi varietas, maka perederannya tidak diizinkan oleh dinas pertanian setempat.

5. Padi M400

Padi m400 sangatlah populer di tahun 2018, bahkan hingga kini, masih banyak yang membudidayakan padi m400 ini karena haslnya memang sangatlah memuaskan untuk musim penghujan atau musim tanam pertama / MT 1. M400 mampu menghasilkan 400 bulir per malai, tentunya ini memberikan dampak yang unggul dalam hal hasil panen.

Itulah beberapa jenis bibit padi unggul terbaik dari berbagai jenis yang layak tanam tahun 2019 ini. Mulai dari varietas ataupun galur, inbrida ataupun hibrida, keluaran pemerintah maupun keluaran institut, padi berumur panjang hingga berumur pendek, padi 2 meter maupun padi pendek, varietas padi yang cocok untuk musim penghujan ataupun kemarau, yang pasti semuanya jenis padi yang paling banyak hasilnya.

Semua bibit padi yang bagus di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakan anda bisa membandingkan sendiri di halaman lengkapnya di bagian produk Tokofora. Setelah menemukan benih padi unggulan, tinggal memaksimalkan penggunaan pupuk dan perawatan terhadap hama penyakit padi.

Detail Pemesanan

Daftar Benih Padi Unggul Terbaik Hasil Melimpah Ruah
Daftar Benih Padi Unggul Terbaik Hasil Melimpah Ruah
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya